Selasa, 09 November 2010

PELAJAR YANG BERTANGGUNG JAWAB .

Diposting oleh monic parengkuan di 05.09


MATERI : PELAJAR YANG BERTANGGUNG JAWAB .

PENDAHULUAN
Tanggung jawab adalah sesuatu yang harus kita lakukan agar kita menerima sesuatu yang di namakan hak.Tanggung jawab merupakan perbuatan yang sangat penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari,karena tanpa tanggung jawab,maka semuanya akan menjadi kacau.Contohnya saja adalah jika seorang ayah tidak melakukan tanggung jawabnya mencari nafkah,maka keluarganya akan sengsara. Bagaimanapun juga tanggung jawab menjadi nomor satu di dalam kehidupan seseorang.Dengan kita bertanggung jawab,kita akan dipercaya orang lain,selalu tepat melaksanakan sesuatu,mendapatkan hak dengan wajarnya. Seringkali orang tidak melakukan tanggung jawabnya,mungkin di sebabkan oleh hal hal yang membuat orang itu lebih memilih melakukan hal di luar tanggung jawabnya.Sebagai contohnya,seorang pelajar mempunyai tanggung jawab belajar,sekolah,tapi karena ada game/ajakan teman yang tidak baik untuk bolos sekolah,maka seorang anak itu bisa saja melalaikan tanggung jawabnya untuk bermain/bolos sekolah. Jika kita melalaikan tanggung jawab,maka kualitas dari diri kita mungkin akan rendah.Maka itu,tanggung jawab adalah suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan,karena tanggung jawab menyangkut orang lain dan terlebih diri kita.
  1.  Tanggungjawab sebagai seorang pelajar/siswa

Setiap siswa yang diinginkan Tuhan adalah yang harus menanamkan rasa tanggungjawab pada diri masing-masing.  tanggungjawab siswa sebagai pelajar adalah belajar dengan baik, mengerjakan tugas sekolah yang sudah diberikan kepadanya, disiplin dalam menjalani tata tertib sekolah.  Artinya setiap siswa wajib dan mutlak melaksanakan tanggungjawab tersebut tanpa terkecuali.  Tap kenyataannya banyak siswa yang merasa terbebani dengan kewajiban mereka sebagai pelajar.  siswa berangkat ke sekolah tidak lagi untuk tujuan belajar, akan tetapi dijadikan sebagai ajang untuk ketemu, kumpul dengan teman-teman, ngobrol dan lain sebagainya.  sementara tugas sejatinya untuk belajar dan menimba ilmu sudah bukan lagi menjadi pokok.  tapi ini realita dan potret siswa masa kini.  selalu menginginkan sesuatu tanpa bersusah payah.  menyerah sebelum berjuang, kalah sebelum bertanding.
Contoh-contoh pelajar yang bertanggung jawab
1 tidak terlambat dating kesekolaj
2 tidak keluar sekolah sebulum jam pelajaran berakhir (bolos)
3 tidak menyontek
5 berpakaian & berpenampilan rapi
"Pelajar" yang baik dan bertanggung jawab antara lain:

Pelajar yang mau untuk berusaha dengan keras untuk menjadi lebih baik
Pelajar yang baik mau untuk berpatisipasi dalam segala hal yang positif
Pelajar yang baik tidak pernah mengedepankan hak pribadi
Pelajar yang baik mau untuk berbagi dalam sesama dalam hal yang membangun

-        Anak-anak Tuhan yang Ia inginkan adalah anak yang rajin dan bertanggung jawab atas apa yang ia lakukan . Seperti dalam hal belajar Tuhan menginginkan anak-anaknya bertanggung jawab juga dengan tugas-tugas dan kewajiban yang harus di lakukan  .

0 komentar on "PELAJAR YANG BERTANGGUNG JAWAB ."

Posting Komentar

 

P ♏onic Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal